Tulisan Dudi Iskandar

Beberapa jam lagi kita akan meninggalkan Tahun 2010, tentu banyak sekali suka dan duka yang terjadi di tahun 2010. Menjelang akhir tahun bencana melanda beberapa bagian wilayah Indonesia, Banjir bandang di Wasior Papua, Tsunami di Kepulauan Mentawai, Letusan Gunung Merapi di Jogjakarta dan yang masih hangat adalah Letusan Gunung Bromo di jawa Timur.
Bencana yang terjadi tentunya sudah menjadi ketentuan dari Allah SWT, banyak sekali pelajaran yang bisa kita petik dari Bencana ini. Yang akan saya soroti adalah mengenai di sini adalah semangat berbagi dari semua lapisan masyarakat untuk membantu masyarakat yang terkena dampak bencana. Ketika terjadi bencana secara otomatis semangat berbagi terbangunm baik itu dari individu, masyarakat bahkan lembaga-lembaga menggunakan dana Corporate Social Responsibility untuk membantu program-program pemulihan paska bencana.
Semangat berbagi ini seperti menyatukan hati bangsa, ketika ada satu bagian yang sakit semua merasakan sakit. Ini merupakan langkah yang sangat bagus untuk bisa menyatukan hati bangsa ini. Alangkah insahnya bila semangat berbagi ini akan terus bergulir walaupun tidak ada bencan yang melanda negara ini. Masih banyak cara untuk dapat berbagi tidak hanya ketika terjadi bencana saja.
Berbagi juga tidak hanya bicara mengenai materi saja, banyak hal yang bisa kita lakukan untuk dapat berbagi dengan sesama. Waktu dan tenaga bahkan sangat sekali dibutuhkan untuk dapat berbagi ini. Bisa dibayangkan jika semua orang berbgai dengan materi, sementara tidak ada orang yang dapat meluangkan waktu dan tenaganya. Apakah bantuan itu akan sampai kepada yang membutuhkan tentu tidak akan sampai.
Berbagi dalam berbagai bentuk akan menjadi indah ketika dapat disatukan dalam sebuah program yang terarah sehingga bentuk bantuan akan lebih terasa manfaatnya oleh yang menerima.
Yang menarik perhatian saya adalah sosial media sekarang sudah bisa menjadi sarana untuk berbagi dengan sesama. Salah seorang yang saya kenal melalui aku twitter @inagibol yang sering posting mengenai tentang berbagi ini. Gerakan di sosial media ini sudah menjadi gerakan nyata membantu sesama. Kegiatan dari komunitas ini bisa terpantau dari hash tag #berbagi. Bahkan salah satu resolusi dari Mba Ina pemilik akun @inagibol ini adalah tahun depan bisa #berbagi lebih banyak lagi dibandingkan tahun 2010 ini. Salah satu postinganya di akun twitter-nya "Jd kan setiap sendi tubuhmu memberikan manfaat utk org2 disekitarmu, jd kan setiap detik terlewati mengukir kebahagiaan dg " Sangat inspiratif sekali dan mengerakan untuk bisa berbagi di manapun.
Saya tidak mengenal secara fisik mba Ina namun sangat merasakan semangat berbaginya untuk kemaslahatan ummat manusia. Sekecil apapun peran kita Insya Allah akan menjadi manfaat bagi orang lain. Ternyata bila teknologi dipergunakan dengan bijak akan lebih mengerakan untuk dapat berbuat lebih baik. Saya berharap tahun depan, semangat berbagi ini semakin membesar sehingga akan lebih banyak lagi yang dapat dirasakan manfaatnya untuk masyarakat.
"sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain"
Jakarta, 31 Desember 2010

Comments

Popular posts from this blog

Hanya 5% yg lolos sbg pendonor platelet trombosit Apheresis.

REPRESENTASI DIRI MELALUI JEJARING SOSIAL.

Insya Allah atau In Shaa Allah?