KEBENARAN MUTLAK

Kebenaran akan selalu menjadi kebenaran, walau seluruh dunia mengatakan hal itu salah.
Dan sesuatu yang salah akan selalu salah, walau seisi dunia melakukannya dan memperlakukannya seolah hal itu benar.
Kebenaran adalah hal yang mutlak, tidak ada "diantara" yang benar dan salah.

Patuh pada peraturan dan syarat yang berlaku adalah prinsip utama dalam saya berkegiatan sosial. Setiap aksi sosial yang dilakukan wajib sesuai dengan aturan yang diterapkan di tempat saya berkegiatan sosial.
Malangnya, selama hampir dua tahun, suatu yayasan yang saya pikir "benar" menjadi bagian dari salah satu Rumah Sakit di Jakarta ternyata tidak seperti yang selama ini ditampilkan pada masyarakat. Yayasan tersebut dinyatakan tidak pernah memiliki MOU atau Memorandum Of Understanding dengan Rumah Sakit dimana hampir lima puluh persen kegiatan komunitas yang saya gagas melakukan aksi sosialnya. Walau tidak hanya saya pribadi maupun komunitas sosial yang saya gagas yang menjadi korban, namun banyak pihak-pihak lain, tapi hal ini menurut pendangan saya merupakan kesalahan fatal, karena artinya semua kegiatan bersama yayasan tersebut menyalahi aturan.

Terbukti dengan munculnya teguran-teguran yang saya terima saat akan berkunjung ke Rumah Sakit tersebut, salah prosedur, tidak sesuai aturan dan lain-lain. Dengan itikad baik agar menjadi tamu yang baik di Rumah Sakit tersebut, saya melayangkan surat permohonan klarifikasi kepada direksi. Selang satu minggu surat balasan dari direksi yang terhormat saya terima. Dan pertemuan ditetapkan.

KEINGINAN KAMI HANYALAH AGAR DIIZINKAN UNTUK TERUS MEMBANTU PASIEN DI RUMAH SAKIT INI, SESUAI DENGAN ATURAN YANG BERLAKU AGAR KAMI TIDAK MENYALAHI ATURAN.

Menurut saya pribadi, hasil meeting hari itu berakhir baik. Namun saya melupakan satu kondisi sosial yang berlaku hampir disemua bidang dalam kehidupan, yaitu : Atasan belum tentu faham atau mengetahui kondisi di lapangan.

Saat raja-raja kecil berkuasa, menetapkan aturan-aturannya sendiri. Inilah korupsi kewenangan.
Saat raja-raja kecil melakukan hal-hal yang bertentangan dengan arahan atasannya.
Saat mereka yang tertindas tak kuasa atau tak mengerti bahwa : MASIH ADA RAJA BESAR DI ATAS RAJA KECIL, KE SANALAH TEMPAT MENGADU.

KEBENARAN AKAN SELALU MENJADI KEBENARAN, DAN SUDAH SEPATUTNYA KITA BERTAHAN PADA KEBENARAN WALAU SEISI DUNIA MEMPERLAKUKAN KITA SELAH-OLAH KITA LAH YANG SALAH KARENA TIDAK MENGIKUTI ARUS.

Comments

Popular posts from this blog

Hanya 5% yg lolos sbg pendonor platelet trombosit Apheresis.

REPRESENTASI DIRI MELALUI JEJARING SOSIAL.

Insya Allah atau In Shaa Allah?