HNP = Hernia Nukleus Pulposus

Tulang belakang tersusun atas ruas-ruas tulang yang dihubungkan menjadi satu kesatuan melalui persendian, mulai dari daerah leher sampai tulang ekor. Ruas tulang yang di atas dihubungkan dengan ruas di bawahnya oleh sebuah bantalan yang disebut diskus intervertebralis (persendian pada tulang belakang.
Di dalam bantalan ruas tulang belakang tersebut, terdapat suatu bahan pengisi seperti jeli kenyal yang disebut nukleus pulposus. Bantalan tersebut berfungsi seperti "shock breaker" (peredam getaran) dan memungkinkan tulang belakang dapat bergerak lentur.

Nah, jika nukleus pulposus tersebut keluar dari dalam bantalan melalui dinding bantalan yang lemah, maka nukleus pulposus masuk ke dalam rongga ruas tulang belakang; keadaan inilah yang disebut Hernia Nukleus Pulposus (HNP). Tergantung besar kecilnya, HNP dapat menyebabkan penekanan pada saraf tulang belakang dan saraf tepi.

Kemarin, saat mencari2 dompet, mendadak HNP yg sudah sejak 2007 sy derita menyerang bagian pundak, nyeri luar biasa hingga kehilangan kontrol dan kekuatan dari pundak kiri hingga jari-jari ditambah sesak nafas, menyebabkan sy terjatuh tak berdaya.
Yg langsung sy pikirkan adalah anak2 kanker yg menderita neuroblastoma (kanker syaraf) atau rabdomiosarcoma (kanker otot). Apakah kesakitan seperti ini yg mereka rasakan ? Masya ALLAH ..

Toleransi sakit saya boleh dibilang sangat tinggi. Saya sudah menerima penyakit ini sejak 2007 sebagai bagian dari apa yg menjadikan diri saya : SAYA..

Menerima dg ikhlas & tabah menjalani ujian, bersyukur atas tiap kejadian.. Tidak mudah, tapi hanya dg pengharapan ridho RABB pd tiap detik terlewati dlm hidup inilah yg menjadikan kita manusia BERIMAN.

Salut & berempati pada anak2 Kanker yg pantang mengeluh krn sakitnya, yg sakitku sungguh tak ada artinya jika dibandingkan dg mrk. Insya ALLAH kesembuhan dr RABB utk kita semua. Aamiin.

Comments

Popular posts from this blog

Hanya 5% yg lolos sbg pendonor platelet trombosit Apheresis.

REPRESENTASI DIRI MELALUI JEJARING SOSIAL.

Insya Allah atau In Shaa Allah?