You can not fly high if you carry so much weight.

TERBANG WIRO!! 
TERBANG TINGGI!! 

*siap2 diujung jurang mau terbang*

Anda pernah merasa terhambat? Oleh orang yang sesungguhnya sangat anda pedulikan, dan anda tidak keberatan untuk memperlambat bahkan menghentikan lajunya kehidupan anda demi orang tersebut? 
SAYA SERING. Ini adalah kelemahan terbesar saya. Banyak kali saya merasa bertanggung jawab akan kebahagiaan orang lain. 
"Seandainya ia bisa melihat kapasitas dirinya seperti saya melihatnya." Ucap saya pada seseorang yang mengenal karakter saya yang lemah itu. 

Kemudian ia berucap "You can not fly high if you carry so much weight, Wiro."

Aneh bagaimana airmata saya menetes mendengar kata-kata itu, terkesan egois karena saya akan meninggalkannya dalam keadaan yang sama saat saya menemukannya. Saya merasa gagal. 
Tapi saya teringat pertanyaan yang dilontarkan kawan saya yang sama tiga tahun yang lalu saat bencana tsunami Mentawai. 
"Ada dua orang yang hampir tenggelam, yang pertama kemungkinan selamatnya lebih besar, yang kedua nampak jauh kepayahan, tak bisa berenang pula, yang mana yang akan kamu selamatkan, Wiro?"

Kami sama-sama tahu, yang pertamalah yang harus kami selamatkan terlebih dahulu. Jika saya selamatkan yang kedua, kemungkinan besar ia akan menarik saya ke dasar lautan bersamanya, disaat yang bersamaan orang pertama akan kelelahan dan tak terselamatkan, tiada yang akan selamat jika saya salah dalam mengambil keputusan. 

Mengambil keputusan, apapun itu, benar atau salah, tidak pernah mudah. Karena selalu ada pihak yang terabaikan atau terkalahkan. Namun hidup selalu dipenuhi dengan keputusan-keputusan yang harus kita ambil. Yang terpenting yang harus kita ingat adalah : SEPATUTNYA KITA DIKELILINGI OLEH MEREKA YANG AKAN MEMBAWA KITA MENJADI LEBIH BAIK, BUKAN SEBALIKNYA. 

MAKA AKU AKAN TERBANG TINGGI, KARENA AKU MELEPASKAN APAPUN YANG MEMBEBANIKU.

Ina Madjidhan
14 September 2013


Comments

Popular posts from this blog

Hanya 5% yg lolos sbg pendonor platelet trombosit Apheresis.

REPRESENTASI DIRI MELALUI JEJARING SOSIAL.

Insya Allah atau In Shaa Allah?