FINISH STRONG TOGETHER #gerakanBERBAGI RUNNER








5 bulan yang lalu, tidak pernah terbesit dipikiranku aku akan menyelesaikan race 5K seperti hari ini. Kondisi fisik yang drop, tulang punggung yang rusak, berat badan saat itu 60 kg. Keinginanku saat itu hanya bisa menyelesaikan 5K berapapun waktunya.

Hari ini, 5K aku selesaikan dalam 27 menit. Tapi pencapaian ini tidak ada apa-apanya dibandingkan mengetahui aku berada dalam komunitas YANG SETIA KAWAN.

Target harus selesai 5K dalam 30 menit sudah ditetapkan 10 hari yang lalu. Beban mental terasa berat saat pelari #gerakanBERBAGI memutuskan berlari sebagai GROUP.

Baru kilometer ke 2, napas sudah pendek-pendek. Ku intip dari sudut mataku, kiri kanan ku langkah kaki Coach Dani, Ryan, Faisal dan Firman. Mereka semua masih lebih muda dari aku. Aku tidak tau berapa pace kami saat itu.

Kilometer terakhir perut sebelah kanan kram. Napas makin pendek, kaki rasanya mau berhenti melangkah. Tapi aku ingat quote Marukami "IT'S A RUNNING EVENT, I'M NOT GONNA WALK."

Saat otak mengatakan "GAK KUAT" dan tubuh siap untuk BERHENTI. Empat orang kawanku berbisik "KUAT"... "DIKIT LAGI, WIRO."... "YOU CAN DO IT, WIRO.".. "FINISH STRONG."

Sambil megep-megep ku katakan : "Duluan aja. GO! GO!"

"IT'S OK, WIRO.. WE ARE WITH YOU TO THE FINISH LINE. NOT GONNA LEAVE YOU BEHIND." 

Mereka tidak tau, air mataku menetes. Bukan karena rasanya sudah mau semaput. Tapi karena rasa syukur yang memenuhi dadaku, karena aku paham betul tidak semua orang miliki solidaritas seperti ini. "WE ARE NOT GONNA LEAVE YOU BEHIND." 
Tiap manusia miliki rasa "KEAKUAN" atau "EGOISME". Dimana tingkah lakunya didasarkan atas dorongan untuk keuntungan diri sendiri dari pada untuk kesejahteraan orang lain. Kita ingin lebih baik, lebih segalanya dari orang lain. Tapi hari ini saya menyadari betapa beruntungnya saya memiliki kawan-kawan yang secara sadar dan ikhlas mengalahkan egoisme mereka untuk diri saya, untuk komunitas sosial #gerakanBERBAGI yang saya inisiasi sejak 2010 ini. INI ADALAH KEBERSAMAAN. INILAH BENANG MERAH SEGALA UPAYA SAYA SEJAK 2010. 

230 juta rakyat Indonesia, jika hari ini adalah hari terakhir saya, maka saya pergi meninggalkan segelintir yang miliki rasa solidaritas pada sesama, yang saya yakini akan menebarkan virus kebaikan yang sama selama kehidupan masih bersama mereka. 

I DID FINISH STRONG, AS A WINNER FOR MYSELF, IT'S MY RACE AGAINST ALL ODD, ANYWAY.. ALHAMDULILLAH. Peringkat 27 dari 375 peserta wanita dan peringkat 10 untuk kelas wanita usia diatas 40 tahun kategori 5K.

And I will do 10K next month. Aamiin.

Jakarta, 24 November 2013
Wiro @inagibol
www.gerakanberbagi.com

Comments

Popular posts from this blog

Hanya 5% yg lolos sbg pendonor platelet trombosit Apheresis.

REPRESENTASI DIRI MELALUI JEJARING SOSIAL.

Insya Allah atau In Shaa Allah?