ANDA KEMANA AJA KEMARIN-KEMARIN?


MAAF, BOLEH SAYA BERTANYA : ANDA KEMANA AJA KEMARIN-KEMARIN?

Heboh kasus kekerasan seksual anak TK di salah satu sekolah internasional Jakarta, menimbulkan banyak pertanyaan di kepala saya.

Komisi Perlindungan Anak (Komnas PA) mencatat terjadi 3.039 kasus pelecehan seksual terhadap anak sepanjang tahun 2013. Ironisnya, pelaku pelecehan adalah orang-orang dekat korban.

“Ada sekitar 3.039 kasus yang 68 persen pelakunya merupakan orang terdekat, baik itu pamannya, orang tuanya, atau gurunya,” ujar Ketua Komnas Perlindungan Anak, Ariest Merdeka Sirait.

ZC bocah berusia sembilan tahun misalnya, telah diperkosa ayah tirinya.

Sementara RR (7 tahun) diduga dicabuli oleh RA (17 tahun) Desember 2012. Kasus ini tercium setelah korban mengaku pada ibunya bahwa RA melakukan tindak kekerasan seksual kepadanya.

Pencabulan itu terjadi di rumah RR saat kedua orang tuanya sedang tak di rumah. RR awalnya tutup mulut. Ibunya, RAd (38 tahun) curiga sebulan kemudian karena korban kerap mengeluh sakit setiap buang air kecil.

PD, gadis berusia 18 tahun belum lama ini mendatangi Polres Jakarta Timur untuk melaporkan perbuatan ayahnya, DP (42 tahun). Kepada penyidik, PD mengungkapkan sudah diperkosa oleh ayahnya sendiri sejak dia berusia 13 tahun.

Kasus kekerasan seksual paling tragis menimpa RI, bocah 11 tahun yang akhirnya meninggal setelah hampir sepekan kritis di RS Persahabatan. 

Tidak sedikit anak yg menjadi korban kekerasan seksual yg saya dampingi selama ini, anehnya tidak ada petisi, tidak ada perhatian demikian besar. Harus sekolah dimana utk mendapatkan perhatian anda? Harus jadi anaknya siapa? Harus apa? 

Ina Madjidhan @inagibol
www.inagibol.com

Comments

Popular posts from this blog

Hanya 5% yg lolos sbg pendonor platelet trombosit Apheresis.

REPRESENTASI DIRI MELALUI JEJARING SOSIAL.

Insya Allah atau In Shaa Allah?