GETTING DIVORCED SUCKS, BEING DIVORCED DOESN'T.


Mau sharing supaya pada mikir ribuan kali sebelum memutuskan untuk bercerai. Cerai itu gak mudah. Ribet, buang waktu, uang dan tenaga. Cerai itu pintu keluar terakhir ketika memang tidak ada lagi jalan yg bisa ditempuh untuk mempertahankan perkawinan. Ok?? Ini dia tahapan-tahapan acara sidang perceraian di pengadilan yang super ribet. 
1.     Sidang pemeriksaan dokumen. Masa bolak balik melengkapi dokumen. Bisa lama, kurang ini, itu.
2.     Mediasi - bisa lama banget karena tujuan Pengadilan Agama adalah mendamaikan bukan menceraikan. Kasus aku mediasi sendiri 2 bulan. Padahal yg minta mediasi aja gak pernah datang. Sekedar memperlama aja sih ini. 
3.     Sidang laporan mediasi.
4.     Sidang jawaban.
5.     Sidang replik.
6.     Sidang Duplik.
7.     Sidang pembuktian penggugat.
8.     Sidang pembuktian tergugat.
9.     Sidang saksi penggugat.
10.   Sidang saksi tergugat.
11.   Sidang kesimpulan.
12.   Sidang putusan.
Di antara Sidang kesimpulan dan Sidang putusan ada MUSYAWARAH MAJELIS, ini bisa 4 minggu sendiri. 
Jika jarak antara satu sidang ke sidang berikutnya adalah 1 minggu maka total bisa mencapai 12 minggu, tapi kasus aku krn domisili salah satu pihak di Jaksel, dan sidang di Tangerang Selatan, maka penundaan sidang 1 bulan, bukan 1 minggu, itu pada saat masih di Mediasi, terus jangan lupa, kalau salah satu pihak gak datang penundaan sidang bisa sampai 3 kali artinya tunda 3 minggu di tiap tahapan sidang, belum ditambah perkiraan dari pendaftaran perkara sampai ke sidang pertama (sidang pemeriksaan dokumen) yang bisa sekitar 1 bulan lamanya. Belum lagi ditambah dengan waktu pembuatan akta cerai di kantor catatan sipil (untuk perceraian non Islam) yang bisa mencapai 1-3 minggu. Oleh karena itu lama persidangan NORMAL sekitar 6 bulan. Kasusku gak normal, udah 6 bulan baru di tahapan Sidang Pembuktian Tergugat. 
Oh ya belum lagi membahas harta gono gini. Kalau kasusku padahal udah aku iyakan aja apa yg diminta, tp tetap aja woles. 
Walau ada sih aku punya teman cerai, dia malah beliin anaknya rumah yg dekat sama dia, jadi mantan istrinya dan anaknya tetanggaan sama dia, akur. Jadi seperti saudara. 

Kesimpulan : JANGAN SAMPAI BERCERAI. PILIHLAH PASANGAN HIDUP YANG SUDAH SEKSAMA KAMU TIMBANG. Ingat, RABB benci perceraian. Samira sampai akhir hayat yaaa, kalian2. Aamiin.

Comments

Popular posts from this blog

Hanya 5% yg lolos sbg pendonor platelet trombosit Apheresis.

REPRESENTASI DIRI MELALUI JEJARING SOSIAL.

Bahasa Indonesia. Penulisan KAU- , KU- dan -KU..