Masih Sakti kah Pancasila?


1 Oktober adalah hari dimana bangsa Indonesia sedang mengingat kembali sejarah Hari Kesaktian Pancasila. Peristiwa yang seharusnya sangat penting untuk bangsa Indonesia dalam catatan sejarahnya maupun kemerdekaannya.

MASIH SAKTI KAH PANCASILA SAAT INI?

Kesaktian Pancasila sepatutnya tercermin dari kepribadian rakyat negeri ini.
Minimal dimulai dari diri sendiri dulu lah yang selalu memandang bahwa Tuhan itu Maha Esa sehingga kita tetap beriman dan terhindar dari perbuatan salah/melanggar hukum, lalu berkembang ke sekitar kita dengan semangat gotong-royong dan tenggang rasa, kemudian memiliki sifat dan sikap adil dan beradab untuk kemanusiaan dan sosial (yang ada di sila 2 dan 5) lalu diantara semangat kebersamaan (gotong-royong) itu kita memiliki pemimpin yang bijaksana untuk kemudian kita menjadi Persatuan Indonesia. 

Jika semua ini terwujud dari dalam diri kita masing-masing maka kita punya Bangsa dan Negara Indonesia yang membanggakan bagi rakyatnya maupun dari pihak luar.

Apapun keadaan bangsa ini, saya tetap bangga kepada Indonesia bahwa kita memiliki perumus-perumus brilian yang berhasil menjadikan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia hingga saat ini walaupun masih minus terhadap aplikasinya dikehidupan.

AYO KITA SAKTIKAN PANCASILA LAGI! MULAI DARI DIRI SENDIRI.

Ina Madjidhan
#gerakanBERBAGI 
www.gerakanberbagi.com 

Comments

Popular posts from this blog

Hanya 5% yg lolos sbg pendonor platelet trombosit Apheresis.

REPRESENTASI DIRI MELALUI JEJARING SOSIAL.

Insya Allah atau In Shaa Allah?