Apa tujuan komunitas sepeda yang kalian ikuti?

Begitu banyak komunitas sepeda saat ini.

Pertanyaannya : Tujuannya apa? Misinya gimana? Cara join gimana?


Di Inggris, The Ovarian Psycos Cycles mulai didirikan tahun 2010 untuk mempromosikan persahabatan, kesehatan, kebiasaan bersepeda, dan kepemimpinan dan keahlian dalam bersepeda untuk para pesepeda wanita dengan orientasi sexual yang berbeda dibanding dengan kebanyakan wanita lain.
Mereka memastikan pesepeda komunitas mereka akan tetap bisa bersepeda dengan aman, tanpa diskriminasi maupun dibully. Karena itulah mereka bersepeda dalam kelompok.  Ya, bahkan masalah LGBT pun merebah sampai pada komunitas sepeda.


Di Jakarta, ada komunitas sepeda Rakapokkapok sejak 2014, yang menggaungkan pentingnya keselamatan bersepeda di jalan terutama untuk jarak jauh, kelompok ini mensosialisasikan agar patuh rambu lalu lintas dan menggunakan signal tangan saat bersepeda, ditambah mengusung nilai kesetiakawanan dan kejujuran yang diadaptasi dari aturan Audax Parisien Paris dalam mengikuti event bersepeda jarak jauh. 
Serunya lagi prinsip "yang penting adalah manusianya dan bukan mesinnya",  artinya anda akan dihadapkan pada pembicaraan bahwa gak perlu sepeda canggih, yang penting sepeda yang cocok untuk pengendaranya. Dan latihan yang tepat. Kalau beli sepeda canggih tapi tak sesuai guna di komunitas ini, anda bakalan di kecengin dalam jangka waktu tak terbatas. 
Kebanyakan pesertanya mengikuti event Audax ARI yg berafiliasi dengan ACP. Ya, ini bukan sepeda santai, sedang-sedang saja berbatas waktu, tapi suasana saat kita gowes sangatlah santai tertib.
Begitu banyak komunitas sepeda saat ini.

Ada Saddle Brown yang isinya pesepeda Fixed Gear.

Atau Tremorz isinya pesepada campur, gak mesti gixed gear ataupun roadbike.

Urban Cycling Club yang biasa kumpul di Citos tiap minggu juga isinya pesepeda campur, visi misi nya jelas, SHARE THE ROAD. Bisa tanya-tanya ke Oom Bob yg biasanya selalu ada di sana tiap hari Minggu.

Yang lebih lawas dan jelas lagi Komunitas Bike 2 Work nya Mas Toto Sugito. 

Apapun komunitas yang kita ikuti pastikan kita paham tujuannya apa? Misinya gimana? 

Anda berada dalam komunitas sepeda mana? Share ceritanya nya, siapa tau bisa join. 

Thanks, Kawan.  Selamat gowes.

Comments

Popular posts from this blog

Hanya 5% yg lolos sbg pendonor platelet trombosit Apheresis.

REPRESENTASI DIRI MELALUI JEJARING SOSIAL.

Insya Allah atau In Shaa Allah?